Refleksi Pancasia Sebagai Sistem Filsafat

Pancasila sebagai sistem filsafat adalah dasar mutlak dalam berpikir dan berkarya dengan berpedoman pada pancasila dengan  saling mengaitkan antara sila yang satu dengan lainnya.

Alasan perlunya pancasila sebagai sistem filsafat :
1.      Filsafat Pancasila Sebagai Genetivus Objectivus dan Genetivus Subjectivus
Pancasila sebagai genetivus-objektivus, artinya nilai-nilai Pancasila dijadikan sebagai objek yang dicari landasan filosofisnya berdasarkan sistem-sistem dan cabang-cabang filsafat yang berkembang di Barat.

Pancasila sebagai genetivus-subjectivus, artinya nilai-nilai Pancasila dipergunakan untuk mengkritisi berbagai aliran filsafat yang berkembang, baik untuk menemukan hal-hal yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila maupun untuk melihat nilai-nilai yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

2.      Landasan Ontologis Filsafat Pancasila
Landasan ontologis Pancasila artinya sebuah pemikiran filosofis atas hakikat dan raison d’etre sila-sila Pancasila sebagai dasar filosofis negara Indonesia.

3.      Landasan Epistemologis Filsafat Pancasila
Landasan epistemologis Pancasila artinya nilai-nilai Pancasila digali dari pengalaman (empiris) bangsa Indonesia, kemudian disintesiskan menjadi sebuah pandangan yang komprehensif tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4.      Landasan Aksiologis Pancasila
Landasan aksiologis Pancasila artinya nilai atau kualitas yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. 

Sebagai bangsa Indonesia, kita memerlukan Pancasila sebagai dasar kita berpikir dalam kehidupan sehari-hari. Di era globalisasi ini, bangsa kita banyak menerima berbagai macam bentuk informasi dari luar. Budaya, ekonomi, gaya hidup, kesehatan, dll dapat dengan mudah kita ketahui. Namun, tidak semua budaya luar sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Terdapat budaya positif dan negative yang harus kita saring. Dengan memiliki dasar berpikir yang berpedoman pada Pancasila kita dapat menyaring budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan cerminan bangsa Indonesia


Referensi : http://zieramen.fasilkomsibila16.com/tugaspancasila/sidebar-right4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Perkuliahan Pancasila

Saya menyimpulkan bahwa sebagai warga Negara Indonesia, betapa pentingnya bagi kita untuk mempelajari dan memahami Pancasila.  Pancasila...